Tips Menulis Puisi

Halo, sekarang aku pengen berbagi tips nulis puisi nih. Eh, tapi jangan terlalu percaya sama tipsku ini ya .... Soalnya akukan nulis puisi sesuka hatiku. Intinya aku asal-asalan waktu nulis puisi.

Oke, langsung aja ya

Yang pertama tips nulis puisi biasa (rimanya nggak sama)

Tips :

1. Menentukan Judul
Pertama, aku biasanya nentuin judul dulu. Entah kenapa aku lebih gampang nulis kalau udah ketemu judulnya. Dalam ngarang pun aku juga nentuin judul dulu. Hehehe .... sebenarnya ini salah, karena prosedur yang bener itu judulnya belakangan 😂. Yang pertama itu tema terus kerangka, lalu dikembangin. Kalau udah jadi, baru judulnya ditentuin supaya pas/nyambung sama tulisannya.

2. Bayangkan jalan cerita (suasana/gambaran) lalu tuliskan
Kenapa aku bilang jalan cerita? Karena aku suka nulis puisi yang kayak cerita. Dalam puisiku itu aku biasanya bayangin suatu alur cerita terus aku buat puisi. Kalau enggak suka cerita, bayangin aja apa yang kamu rasakan mengenai judul kamu itu. Paham nggak? Pokoknya kalau udah ketemu judul, bayangin kira-kira kejadiannya apa, terus ditulis.

3. Jangan pikirkan rima
Sebenarnya, rima itu cuma penghias (ini pandanganku sendiri). Jadi, jangan pikirin rimanya harus sama. Waktu nulis, ngalir aja. Nanti pasti ketemu kata-kata yang pas.

4. Ubah judul
Kalau udah jadi, biasanya tulisanku itu melenceng jauh dari judul awal. Ya, karena aku nulisnya langsung ngalir aja, nggak ada kerangka. Jadinya ya gitu 😂. Kalau judul sama isinya nggak sinkron, judulnya ubah aja.

5. Baca ulang
Terakhir, baca ulang judul sama puisinya. Kalau ada yang dirasa kurang pas, bisa di ubah. Dan aku jamin, kalian pasti baper sendiri waktu baca puisi kalian. Soalnya aku juga gitu. Waktu nulis sih perasaannya biasa aja, waktu baca ulang entah kenapa baper parah! 😆😆

Oke, segitu aja tips nulis puisi yang nggak terpaku sama rima. Selanjutnya tips nulia puisi dengan rima a-a-a-a. Kenapa aku tulis rima a-a-a-a? Ya karena aku suka rima yang kayak gitu. Kalau rima yang lainnya kurang suka, hehehehe ....

Oke, tips :

1. Menentukan rima (bunyi akhir)
Kan udah dibilang kalau ini itu rima a-a-a-a. Jadi, tentuin dulu kalian mau rimanya pake apa. Misal yang berakhiran huruf a, atau u, atau apa gitu. Terserah.

2. Cari kosa kata sebanyak-banyaknya
Kalau udah nentuin rimanya, tinggal cari kosa kata yang sesuia sama pilihan rima kalian. Cari sebanyak-banyaknya. Biar gampang, ketik aja di google "kosa kata berakhiran ....". Terserah mau itu kata kerja, sifat, katerangan, atau apa pun itu.

3. Menentukan judul
Sama kayak yang di atas, aku kalau nulis puisi nentuin judul dulu 😂

4. Bayangkan dan tulis
Sama kayak yang di atas. Bayangin suasana atau kejadiannya, terus tulis. Tapi, ini khusus kalimat pertama aja (baris pertama)

5. Lihat daftar kosa kata lalu buat kalimat
Baris selanjutnya, kalian bisa lihat daftar kosa kata. Terus cari sampe nemu yang kira-kira cocok sama kalimat pertama. Kalau udah, kata itu dibuat kalimat. Tapi ingat, katanya harus di belakang. Kalau enggak, nanti rimanya beda 😂. Kayak gitu sampe selesai

6. Ubah judul
Kalau judul awal nggak sesuai sama isi tulisan, ubah aja 😂

7. Baca dari awal (judul) sampe akhir
Terakhir, baca dari awal sampe akhir. Aku jamin bakal wah sendiri. Senyum sendiri. "Wah, bisa sama semua akhirnya!". Beneran deh, bakalan kagum sendiri sama hasil tulisan kalian.

Oke, mungkin itu tips abal-abal dari aku. Ingat, ya. Jangan percaya sama tips aku. Karena apa? Karena aku asal-asalan waktu nulis puisi dan itu cara aku. Aku sarankan cari aja tips nulis puisi dari sumber terpercaya atau bisa juga tanya sama guru kalian. 😁

Oke, segitu aja dari aku. Semoga bermanfaat, kalau enggak ya nggak usah dipraktikkan 😂

Sampai jumpa!
Tetap semangat, ya! 😁

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer